Kamis, 15 Oktober 2015

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Raymond Mc.leod Informasi iyalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini ataupun mendatang .

Tata Sutabri, S.Kom., MM iyalah  data yang telah diklasifikasikan ataupun diolah serta diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan sebuah keputusan.

Jogiyanto HM., (1999: 692), “ Informasi didefinisikan iyalah  sebagai hasil dari suatu pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian  yang nyata  yang digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan”

Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi iyalah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Lani Sidharta (1995: 28), “Informasi iyalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat suatu keputusan”

Anton M. Meliono (1990: 331), “Informasi iyalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut iyalah untuk menghasilkan sebuah keputusan”

Gordon B. Davis (1991: 28), “Informasi iyalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”

(Wikipedia – Indonesia)  Informasi iyalah hasil dari pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya .

Siklus Informasi
Secara umum informasi dapat didefinisikan iyalah  sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.
Sumber dari informasi iyalah data. Data iyalah kenyataan(fakta) yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian serta kesatuan nyata. Kejadian-kejadian iyalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.
Data berupa bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data yang mentah ini diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi.


http://www.gurupendidikan.com/pengertian-informasi-menurut-para-ahli-lengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar